Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Tuesday, September 15, 2015

[ Projek Warnet ] Memisahkan Traffic Browsing dan Game Online

Shintya Praticya TKJ A
Memisahkan Traffic Browsing dan Game Online
Untuk menandai paket game dan non game di mangle mikrotik. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu menandai paket game dan non game
A. Marking Koneksi Game dan Non Game
Langkah :
  1. Pertama tama untuk menandai setiap paket game maka kita akan berpatokan pada port – port game online yang akan kita tandai. Untuk mengetahui port game online anda dapat cek atau search di google daftar port game online
  2. Setelah mengetahui daftar port game online maka kita masuk ke bagian marking nya. Dengan menandai Koneksi setiap game online menggunakan Mark-Connection
  3. Kemudian dibagian Action pilih Mark Connection, lalu pada bagian New-Connection Mark isikan dengan Koneksi Game
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\1.png
  1. Selanjutnya daftarkan Semua port Game yang kalian inginkan , dan dibagian Action isikan sama seperti diatas, Action = Mark Connection , New Connection Mark = Koneksi-Game
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\3.jpg
  1. Selanjutnya koneksi game yang telah kita buat tadi akan ditandai dengan mark paket
  2. Isiikan dibagian Connection Mark=nama koneksi game yang tadi kita buat, kemudian isikan bagian action nya mark paket, dengan new packet mark isikan dengan nama Packet-Game.
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\2.jpg
  1. Kemudian Isiikan dibagian Connection Mark=nama koneksi game yang tadi kita buat, kemudian isikan bagian action nya mark paket, dengan new packet mark isikan dengan nama Packet-Browsing
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\5.jpg


  1. Jika sudah selesai maka hasil konfigurasinya
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\6.jpg


B. Management Bandwith
Setelah menandai koneksi game dan koneksi browsing tadi agar memudahkan dalam pembagian bandwith selanjutnya kita akan masuk ke bagian management bandwith. Untuk konfigurasinya akan kita lakukan di bagian firewall mangle.
Disini sebagai contoh saya berlangganan speedy dengan kecepatan :


5 Mb = Download
1 Mb = Upload
Dengan membagi bandwith download dan upload untuk masing masing game dan browsing
TRAFFIC
BROWSING
GAME
DOWNLOAD
4M
1M
UPLOAD
512K
512K


Langkah :
  1. Pertama tama tambahkan PCQ download dan upload nya dengan cara pilih Queue List-kemudian pilih Queue Types. Dengan catatan pada download = ceklis Dst. Address dan pada upload = ceklis Src Address dengan Kind=PCQ
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\7.jpg
  1. Kemudian berikan total download dan total upload pada bandwith nya. Dengan max Limit 5M untuk Download dan 1M untuk Upload dengan catatan parent download = ether2( interface yang ke local ) dan parent upload = ether1( interface yang ke internet )
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\8.jpg
  1. Selanjutnya kita berikan bandwidth untuk Traffic Download terlebih dahulu , isikan seperti dibawah ini
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\9.jpg
  1. kemudian kita berikan Bandwidth untuk Traffic Upload. Lakukan seperti dibawah ini.
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\10.jpg


  1. Jika sudah maka hasil akhir Konfigurasinya adalah sebagai berikut.
D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\11.jpg
  1. Kemudian lakukan pengujian dengan cara main game ataupun browsing saja,  nanti akan terlihat ketika kalian hanya browsing maka Queue browsing saja yang akan naik sedangkan Queue untuk Game akan tetap diam , begitu pula sebaliknya

D:\TKJ\Data Data\KELAS XII\Konfig Warnet\Bandwith\14.jpg

Shintya Praticya TKJ A / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib